• Kontak Kami
  • Hotline : 082326145994
  • SMS : 082326145994
  • BBM : D3335445

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Order online 24 jam. Diproses setiap hari kecuali hari Minggu & Hari Besar Tutup
1/3 - Terima order online 24 jam 2/3 - Konfirmasi transfer setiap hari maksimal jam 12.00 WIB, kecuali via kurir Pos maksimal jam 10.00 WIB. Lebih dari jam yang disebutkan, paket akan diproses keesokan harinya. 3/3 - Khusus hari Sabtu, konfirmasi transfer maksimal jam 10.00 WIB
Beranda » Artikel Kesehatan - Tips dan Cara » Cara Mengatasi Sembelit

Cara Mengatasi Sembelit


Cara mengatasi sembelit yang akan dipaparkan dalam artikel di bawah ini sebetulnya cukup sederhana. Bagi penderita sembelit atau susah buang air besar (BAB) bisa mencoba tips mengatasi sembelit ini.

Bagi orang yang pernah mengalami sembelit pasti tahu betapa menderitanya keluhan seperti ini. Meskipun seakan sepele, tetapi sebetulnya gangguan pembuangan sisa penyerapan makanan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tidak jarang yang orang yang menderita sembelit mengalami kegelisahan, tidak fokus, hingga stress.

cara mengatasi sembelit dengan fiforlife

Efek domino dari keluhan susah buang air besar (sulit BAB) tersebut yang menjadikan informasi seputar cara mengatasi sembelit perlu diketahui oleh banyak orang. Bisa jadi salah satu anggota keluarga kita sedang mengalami gangguan kesehatan yang juga dikenal dengan istilah konstipasi ini.

Penyebab susah buang air besar

Gejala gangguan sistem pembuangan zat sisa makanan pada seseorang didasari oleh faktor yang tidak sama. Bisa jadi penyebab sembelit pada sesorang berbeda dengan orang lainnya. Setidaknya ada kurang lebih 16 penyebab seseorang dapat mengalami masalah konstipasi.

Jika telah mengetahui sebabnya, maka setidaknya penderita dapat menentukan cara terbaik untuk mengatasi keluhannya. Baik secara internal dari dalam tubuh, menggunakan bahan-bahan alami hingga kemungkinan mengobati dengan obat susah buang air besar yang diperoleh dari toko online, apotek maupun rekomendasi dokter.

Cara mengatasi sembelit

Beberapa tips mengobati keluhan gangguan buang air besar dibawah ini dapat Anda coba. Konsultasikan pada dokter terdekat jika kondisi mengarah pada obstipasi yaitu salah satu bentuk sulit BAB parah atau kronis yang dapat terjadi hingga berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu.

Tips untuk mengatasi keluhan sembelit, antara lain :

1. Atasi panas dalam

Dikarenakan salah satu penyeebab sembelit adalah panas dalam, maka usaha yang dapat dilakukan adalah dengan mengatasi panas dalam tersebut dengan mengurangi atau bahkan menghindari asupan makanan minuman pemicunya.

Contohnya adalah makanan minuman dengan rasa masam, ekstra pedas dan kaya lemak (menu gorengan). Jenis makanan semacam ini bersifat panas serta merangsang produksi asam lambung lebih banyak. Redakan panas dalam dengan mengkonsumsi makanan mengandung serat seperti sayur hijau dan menjaga kecukupan hidrasi.

2. Kurangi lemak hewani

Berbagai makanan minuman bersumber lemak hewani seperti daging merah, susu sapi (dan produk olahannya), serta telur memiliki banyak kandungan Zat besi. Mineral tersebut dapat memadatkan kotoran sisa penyerapan sari makanan (tinja).

Tinja yang mengeras menjadi salah satu faktor penyebab seseorang mengalami susah buang air besar (sulit BAB). Oleh karena itu, selama mengalami keluhan sembelit ada baiknya mengurangi lemak berasal dari hewani atau jika tidak, mengimbanginya dengan asupan makanan kaya serat dan cukup minum air putih.

3. Kurangi asupan gula

Konsumsi gula dalam jumlah berlebihan, khususnya gula refinasi yang dikonsumsi sehari-hari tidak sepenuhnya baik untuk kesehatan. Tidak hanya dalam bentuk gula murni saja, tetapi gula dalam wujud makanan seperti topping kue, dalam minuman instan (termasuk minuman bersoda dll.) dan sejenisnya akan membebani kinerja sistem pencernaan.

Salah satu solusi untuk mengurangi ketergantungan rasa manis pada gula adalah menggantikannya dengan madu, royal jelly atau sari kurma asli. Dengan demikian usus dan lambung tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya hingga ampas makanan terdorong keluar.

4. Dehidrasi

Menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai keluhan gangguan kesehatan memang tidak terlepas dari saran untuk minum air putih dengan cukup dalam sehari. Kebutuhan minimal orang dewasa normal kurang lebih 8 gelas atau 2.5 liter per-hari. Atau disesuaikan dengan aktivitasnya, jika perlu bisa lebih dari ukuran minimal tersebut. Jika dibandingkan dengan berat badan, maka takaran minum air putih adalah 1/13 dari berat badan.

Kaitannya dengan mengatasi sembelit, minum air putih memiliki peranan penting karena proses pengeluaran sisa pencernaan makanan dalam usus membutuhkan cairan agar usus dan lambung dapat melakukan gerakan peristaltik, yakni gerakan alami mengaduk dan bergelombang. Sehingga pada akhirnya keluar melalui saluran pembuangan (anus) berupa feses (tinja).

5. Hindari stress

Stress hampir tidak bisa dihindari di jaman modern seperti saat ini. Hanya saja, hal yang paling memungkinkan adalah mengatur agar stress tersebut menjadi energi positif untuk lebih bersemangat dan termotivasi. Bukan sebaliknya, menggerogoti kesehatan secara perlahan.

cara mengatasi susah bab dengan fiforlife

6. Konsumsi Vitamin C

Salah satu manfaat vitamin C adalah membantu tubuh menyerap zat besi dalam makanan lebih efektif. Dengan kata lain, vitamin C mestabilkan pengerasan tinja oleh Zat besi. Terlebih jika terlalu banyak konsumsi makanan minuman kaya zat besi.

Vitamin C yang direkomendasikan adalah bersumber dari bahan-bahan alami seperti buah jeruk, asparagus, strawbery, tomat dan lain-lain, bukan dari minuman suplemen atau vitamin buatan. Sebab selain mendapat asupan vitamin juga mendapat asupan serat sekaligus.

7. Olah raga

Menggerakkan tubuh dengan berbagai latihan olah raga mampu meningkatkan fungsi organ tubuh termasuk sistem pencernaan seseorang. Ganti budaya bermalasan dengan pola hidup lebih aktif. Perbanyak jalan kaki atau bersepeda jika memungkinkan. Kurangi duduk lama dengan sedikit gerak seperti menonton televisi dalam waktu lama.

Olah raga yang disebut sangat efektif untuk mengatasi sembelit adalah jogging atau lari-lari kecil secara rutin. Lakukan pagi hari sebelum memulai aktivitas rutin sehari-hari.

8. Pola makan teratur

Mulailah untuk hidup lebih teratur dan sehat dari kebiasaan terkecil, seperti selalu meluangkan waktu saat pagi hari untuk sarapan meski harus diburu waktu. Makan dengan porsi kecil namun dengan gizi seimbang lebih baik dilakukan daripada mengabaikan waktu sarapan itu sendiri.

Selain itu, kurangi ngemil sebelum makan siang agar lebih optimal saat waktu makan siang. Budayakan untuk makan malam tidak terlalu larut. Beri waktu organ pencernaan untuk beristirahat dan menyerap sari makanan yang dikonsumsi.

9. Stop makanan instan dan frozen

Makanan instan termasuk menu cepat saji dan ‘frozen food’ merupakan jenis makanan olahan rendah serat dan nutrisi namun sebaliknya, kaya kandungan lemak. Selain itu, makanan instan cenderung mengandung berbagai bahan kimia seperti pengawet, pemutih, penyedap buatan dan lain-lain.

Oleh karena itu, makanan dengan jenis diatas termasuk asupan yang tidak mudah dicerna oleh usus dan lambung. Butuh energi ekstra karena makanan tersebut rendah serat dan cairan. Dalam frekuensi sering dapat sebabkan seseorang mengalami susah buang air besar.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan informasi tentang Cara Mengatasi Sembelit kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Mengatasi Sembelit | Fiforlif

Komentar dinonaktifkan: Cara Mengatasi Sembelit

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
OFF 9%
Rp 320.000 Rp 350.000
Ready Stock / FIFO
SIDEBAR
%d bloggers like this: