• Kontak Kami
  • Hotline : 082326145994
  • SMS : 082326145994
  • BBM : D3335445

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Order online 24 jam. Diproses setiap hari kecuali hari Minggu & Hari Besar Tutup
1/3 - Terima order online 24 jam 2/3 - Konfirmasi transfer setiap hari maksimal jam 12.00 WIB, kecuali via kurir Pos maksimal jam 10.00 WIB. Lebih dari jam yang disebutkan, paket akan diproses keesokan harinya. 3/3 - Khusus hari Sabtu, konfirmasi transfer maksimal jam 10.00 WIB
Beranda » Artikel Kesehatan - Tips dan Cara » Fakta dan Mitos Penyebab Perut Buncit

Fakta dan Mitos Penyebab Perut Buncit


Fakta dan mitos penyebab perut buncit yang akan dipaparkan di bawah ini kemungkinan sudah banyak yang Anda dengar. Mari kita lihat satu persatu pernyataan di bawah ini. Apakah Fakta? Atau Mitos?

Anda pasti pernah mendengar mitos bahwa makan malam setelah jam 21.00 dapat mengakibatkan perut buncit, atau minum es dapat membuat kegemukan. Tidak sedikit mitos yang beredar di masyarakat sampai-sampai kita takut untuk melakukan hal itu. Mitos yang berkembang di masyarakat tersebut, boleh dipercaya dan boleh juga tidak. Terus bagaimana jika ternyata mitos itu benar adanya?

Sebagai penganut aliran perut buncit, kita harus pandai dan bijak dalam menyikapi hal itu. Sehingga suatu saat jika kita ditanya apakah itu mitos atau fakta, kita tidak lagi memakai jurus katanya. Berikut ini beberapa fakta dan mitos penyebab perut buncit yang beredar di masyarakat:

Fakta dan Mitos Penyebab Perut Buncit - Fiforlife

Fakta dan Mitos Penyebab Perut Buncit

1. Perut Buncit karena Faktor Keturunan
Mitos : Perut buncit secara genetik
Fakta : Apakah Anda termasuk salah seorang yang beranggapan badan anda gemuk disebabkan karena faktor keturunan? Saatnya hentikan anggapan tersebut. Fakta membuktikan bahwa, kasus kegemukan yang disebabkan oleh keturunan hanya sebesar 5% saja. Selebihnya disebabkan oleh terlalu banyak makan, pola makan yang salah, dan malas bergerak.

2. Makan Gorengan
Mitos : Kandungan minyak dalam gorengan mengandung lemak yang bisa membuat gemuk.
Fakta : Benar. Jajanan gorengan merupakan makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi. Apa lagi jika dikonsumsi terus-menerus setiap hari. Mengapa? Bahaya mengkonsumsi gorengan terletak pada minyak goreng yang digunakan berkali-kali. Minyak yang sudah dipakai berkali-kali biasanya mengandung lemak berbahaya dan lemak tersebut akan terserap ke dalam gorengan. Pilihlah jajanan gorengan yang sehat dan tidak mengandung banyak minyak.

3. Alkohol
Mitos : Banyak minum alkohol akan membuat perut menjadi buncit.
Fakta : Benar. Alkohol memang dapat membuat orang rileks dan tenang. Alkohol merupakan bagian dari karbohidrat, akan mudah diserap dan masuk ke liver/hati dan menginfiltrasi sel otot sehingga sel otot menjadi kendor dan akan sulit dikencangkan. Perut yang membuncit karena terlalu banyak minum bir/alkohol ini biasanya akan mengalami kerusakan liver atau otot yang mengendur.

4. Pertambahan Usia
Mitos : Semakin bertambah usia seseorang maka akan lebih mudah untuk menjadi gemuk, terutama di bagian perut.
Fakta : Benar. Seiring bertambahnya usia, fungsi fisiologis dan anatomis tubuh seseorang berkurang. Otot yang semula kencang mulai mengendur, kadar hormon mulai berkurang sehingga terjadi penumpukan lemak. Selain itu, secara psikologis semakin berumur manusia akan lebih menikmati hidup. Apalagi jika anak-anak sudah besar, mandiri dan berkecukupan materi sehingga pola makan menjadi lebih bebas. Semula semua dikerjakan sendiri. Sekarang ada yang membantu sehingga aktivitas fisik berkurang. Maka terjadilah perut buncit.

Fakta dan Mitos Penyebab Kegemukan - fiforlife.co.id

5. Makan Malam
Mitos : Makan pada malam hari akan membuat perut buncit.
Fakta : Makan malam tidak akan membuat perut buncit selama tidak melebihi kebutuhan kalori harian dan tetap melakukan aktivitas atau olah raga pada pagi harinya. Anda boleh saja makan malam selama melakukan olah raga, asal tidak berlebihan makan atau berhenti makan sebelum kenyang.

6. Perubahan Hormonal
Mitos : Ketika menopause, perubahan yang terjadi hormon akan menyebabkan tubuh mudah menjadi gemuk.
Fakta : Memang benar. Hormon estrogen yang berkurang akan mempermudah penimbunan lemak. Akan tetapi jika sebelum menopause rajin berolahraga teratur atau selalu bergerak aktif, maka perut tidak akan menjadi buncit.

7. Minum Air Es
Mitos : Es mengakibatkan perut menjadi lebih buncit.
Fakta : Tidak benar bila air es membuat kegemukan. Air es akan tetap diserap dan dinetralkan oleh tubuh. Tetapi jika air es ditambahkan pemanis, seperti sirup atau pemanis lainnya dapat memberikan kelebihan asupan kalori.

8. Stres
Mitos : Stres dapat menjadi penyebab perut buncit dan gemuk.
Fakta : Relatif. Saat stres, ada orang yang banyak makan dan ada pula yang justru tidak berselera makan. Perut menjadi buncit atau tidak bergantung pada cara ia mengelola stres dan pola pikir setiap orang.

9. Kurang Olahraga
Mitos : Perut buncit juga disebabkan karena kurang olahraga.
Fakta : Benar tapi tergantung jenis olahraganya. Yang perlu diperhatikan adalah program latihan yang menyeluruh dan dilakukan terus menerus.

Makanan Cepat Saji Penyebab Kegemukan - artikel fiforlif

10. Makanan Cepat Saji (Junk Food)
Mitos : Memakan makanan cepat saji membuat badan bertambah gemuk.
Fakta : Benar. Junk food biasanya mempunyai kadar kalori yang tinggi tetapi rendah serat sehingga memudahkan terjadinya kelebihan kalori yang pada akhirnya akan menimbulkan kegemukan secara umum dan termasuk pula terjadi pembesaran di bagian perut.

11. Ngemil di Malam Hari
Mitos : Ngemil membuat badan menjadi gemuk lebih cepat.
Fakta : Benar. Kebiasaan ngemil bisa membuat tubuh seseorang cepat gemuk. Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa kebiasaan ngemil pada waktu malam hari akan cepat membuat tubuh menjadi gemuk. Pada malam hari proses pencernaan melambat. Makan camilan di malam hari akan mempengaruhi proses pencernaan. Jika Anda makan camilan di malam hari dan tidak rajin berolahraga, kemungkinan besar akan lebih banyak lemak yang menumpuk. Inilah salah satu alasan mengapa camilan di malam hari bisa meningkatkan risiko obesitas.

12. Minuman Bersoda
Mitos : Terlalu banyak minum minuman bersoda mengakibatkan lemak dalam tubuh semakin bertambah.
Fakta : Salah. Minuman bersoda hanya akan perpengaruh pada lambung karena bila berlebihan dapat menimbulkan gas di lambung sehingga membuat perut terasa kembung dan membuncit. Yang perlu diketahui bahwa membuncitnya perut hanya bersifat sementara sehingga tidak akan mengganggu ukuran perut secara permanen. Akan tetapi jika minuman bersoda mengandung kadar gula berlebih, barulah bisa dikatakan minuman bersoda bisa menyebabkan kegemukan.

13. Bekerja dalam Posisi Duduk
Mitos : Kebanyakan duduk akan menyebabkan badan bertambah gemuk, terutama di bagian perut.
Fakta : Benar. Kebayakan pekerja kantoran bekerja mulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Selama jam kerja, perut tertekuk dan lambat laun akan mengakibatkan perut membuncit. Disarankan untuk menambah aktivitas gerak agar kalori yang terbakar menjadi seimbang.

14. Kurang Tidur
Mitos : Kurang istirahat mengakibatkan kegemukan.
Fakta : Tidak benar. Memang kebanyakan orang menganggap salah satu faktor kegemukan adalah kurang tidur. Tetapi sebuah riset menyebutkan bahwa kegemukan yang terjadi pada seseorang adalah karena kurang tidur yang disertai ngemil di malam hari. Bila sering begadang karena mengerjakan tugas tertentu, seseorang sering lupa makan dan aktivitasnya membuat kalori terbakar.

15. Tidur Setelah Makan
Mitos : Tidur setelah makan bisa membuat obesitas.
Fakta : Bahaya tidur setelah makan yang pertama adalah obesitas, ini bukan hanya sekadar menambah berat badan. Obesitas dapat membuat Anda melar berkali-kali lipat. Salah satu dampak buruk yang mungkin terjadi apabila anda mengkonsumsi makanan berat atau camilan sebelum tidur adalah naiknya berat badan anda secara drastis. Lemak yang menumpuk di dalam tubuh tanpa adanya proses pembakaran akan sangat membantu Anda menambah berat badan secara drastis, dan pada akhirnya akan mengakibatkan kegemukan. Selain menyebabkan obesitas, tidur setelah makan juga berdampak pada masalah kesehatan lain, seperti asam lambung, diabetes, serangan jantung, dan panas di bagian dada.

16. Gemuk Pasca Melahirkan
Mitos : Berat badan naik setelah melahirkan.
Fakta : Benar. Saat hamil, berat badan seorang ibu bisa naik hingga 30% dari berat badan semula. Pasca melahirkan, berat badan seorang ibu tidak bisa kembali seperti semula. Mengapa? Selain karena membutuhkan waktu untuk pulih setelah melahirkan sehingga tidak bisa berolahraga, menyusui juga bisa menjadi faktor lainnya. Dalam proses menyusui seorang ibu harus makan banyak untuk asupan nutrisi. Tetapi hal ini tidak perlu dikhawatirkan, sebab berat badan dapat kembal ideal setelah proses menyusui, dengan catatan olahraga teratur dan tidak mengonsumsi makanan yang banyak lemaknya.

Fakta atau Mitos Perut Buncit - artikel fiforlif

Catatan:
Kegemukan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja bila ada peluang. Naiknya berat badan atau melebarnya bentuk tubuh menjadi momok tersendiri bagi sebagian orang. Hal yang pasti menjadi penyebab kegemukan antara lain:

  • keturunan (5%),
  • mengonsumsi gula berlebihan,
  • pola makan dan pola hidup tidak teratur,
  • pembakaran kalori keluar masuk tubuh tidak seimbang, dan
  • kurang gerak atau olahraga.

Kenali penyebab perut buncit dalam diri Anda, lalu lakukan hal-hal yang bisa membuat diri Anda nyaman. Hal yang harus digarisbawahi adalah kegemukan seseorang dapat berisiko bila terus berlanjut dan menjadi obesitas. Tentunya tidak menjadi persoalan jika orang mempunya tubuh gemuk, asal tetap menjaga performa dan aktivitas. Tentu saja disertai dengan tetap menjaga kesehatan.

Nah, sekarang Anda sudah tahu fakta dan mitos penyebab perut buncit. Semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan informasi tentang Fakta dan Mitos Penyebab Perut Buncit kepada teman atau kerabat Anda.

Fakta dan Mitos Penyebab Perut Buncit | Fiforlif

Komentar dinonaktifkan: Fakta dan Mitos Penyebab Perut Buncit

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
OFF 9%
Rp 320.000 Rp 350.000
Ready Stock / FIFO
SIDEBAR
%d bloggers like this: